PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN TOKOH PAHLAWAN INDONESIA DENGAN UNITY 3D PADA SD PEMBANGUNAN AL HIKMAH BERBASIS ANDROID

Penulis

  • Atang Supena
  • Akmal Zachra Yunarman

Abstrak

Mata pelajaran sejarah diidentikan sebagai pembelajaran yang membosankan di kelas. strategi metode maupun teknik pembelajaran di SD Pembangunan Al Hikmah lebih banyak bertumpu pada pendekatan berbasis guru yang monoton. Berdasarkan masalah tersebut dibuatlah aplikasi pembelajaran berupa game edukasi berbasis android.

Game edukasi dirancang dengan metode Multimedia Development Life Cycle, dirancang menggunakan unity 3D. Tahapan pengujian menggunakan blackbox. Hasil yang didapatkan dari pengujian game edukasi ini menunjukkan bahwa aplikasi yang dijalankan pada beberapa perangkat android berjalan dengan baik sesuai dengan harapan dapat disimpulkan bahwa game ini meningkatkan ketertarikan siswa dalam mengenal tokoh pahlawan nasional .

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-12